welcome ;)

Rabu, 26 Mei 2010

Apa Itu G8 ??

G8 (Group of Eight – Kelompok Delapan) adalah koalisi dari delapan negara demokratis besar dan termaju di dunia. Kedelapan negara maju tersebut adalah :
a. Amerika Serikat,
b. Inggris (Britania Raya),
c. Italia,
d. Jepang,
e. Jerman,
f. Kanada,
g. Perancis, dan
h. Rusia.

Latar belakang pembentukan G8 bermula dari krisis minyak pada tahun 1973 yang melanda dunia dan terjadinya resesi dunia selanjutnya. Masalah-masalah tersebut membuat Amerika Serikat mendirikan kelompok bernama Library Group, yaitu sebuah perkumpulan yang terdiri dari para pejabat keuangan senior dari Amerika Serikat, eropa, dan Jepang, untuk mendiskudikan masalah-masalah ekonomi.
Pada tahun 1975, presiden Perancis saat itu, Valery Giscard d’Estaing, mengundang para kepala negara enam negara demokratis besar yang maju kepertemuan G6 (Group of Six – Kelompok Enam) yang pertama di Rambouillet dan menawarkan ide untuk adanya pertemua tetap. Para peserta setuju terhadap rencana pertemuan tahunan dengan jabatan kepresidenan kelompok tersebut yang bergilir, dan mendirikan apa yang dinamakan G6 (Group of Six – Kelompok Enam) yang terdiri dari Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Amerika Serikat, dan Inggris (Britania Raya).
Pada pertemuan kedua dilangsungkan di Puerto Riko, G6 mengubah nama mereka menjadi G7 (Group of Seven – Kelompok Tujuh) dengan bergabungnya Kanada.
Setelah berakhirnya pernag dingin, pada tahun 1991, Rusia (saat itu masih bernama Uni Soviet) mulai bertemu dengan G7 setelah pertemuan utama. Sejak pertemuan tahun 1998 di Birmingham, Inggris, Rusia diizinkan untuk turut serta lebih banyak, menandai terciptanya G8. meski demikian Rusia tidak mengikuti pertemuan untuk para menteri keuangan karena negara tersebut masih terhitung bukan merupakan kekuatan ekonomi yang besar di dunia.
G8 tidak didukung oleh pemerintahan transnegara, berbeda dari organisasi-organisasi seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa atau Bank Dunia (World Bank). jabatan presiden G8 digilirkan antar negara-negara anggota setiap tahun, dengan masa bakti yang dimulai pada tanggal 1 Januari.
Peristiwa terpenting dalam G8 adalah adanya pertemuan ekonomi dan politik tahunan yang dihadiri para kepala negara dan pejabat-pejabat internasional, meski selain itu masih ada pertemuan-pertemuan dan penelitian-penelitian kebijakan lainnya yang lebih kecil. pertemuan para menteri yang berasal dari bidang-bidang seperti kesehatan, penegak hukum, dan tenaga kerja mendiskusikan masalah-masalah yang menjadi kekhawatiran antara negara anggota atau dunia. Dari seluruh pertemuan para menteri tersebut, yang paling terkenal adalah G7, yang membicarakan masalah keuangan.

Sumber : Buku Serba Tahu, penerbit : Pustaka Widyatama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar