welcome ;)

Minggu, 13 Maret 2011

Lembah Baliem Menyimpan Keajaiban


Pesona alam Baliem, Jayapura yang menakjubkan identik dengan pegunungan dan hutan-hutan rimbun. Berada di kawasan yang subur dan indah menjadikan Baliem sebagai keajaiban kaki langit.

Tanah Papua sangatlah istimewa. Apalagi dihuni oleh masyarakat khas pedalaman yang tetap menjalankan kegiatan sehari-harinya hingga acara ritualnya. Mereka selalu berperilaku demikian, meskipun dunia sudah "berlari" puluhan kali lebih cepat.

Lembah Baliem di Jayawijaya merupakan salah satu keindahan yang mampu membuat para pengunjung langsung jatuh cinta. Pemandangan alam ini sudah bisa Anda saksikan dari atas pesawat saat pertama kali memasuki kawasan Lembah Baliem.

Perlu Anda ketahui, di kawasan Lembah Baliem dihuni oleh tiga suku pedalam yang cukup terkenal. Di antaranya adalah Suku Dani, Suku Yali dan Suku Lani. Salah satu suku yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Suku Dani yang berada di bagian tengah lembah. Wajar saja, jika Suku Dani sudah bisa mengenal hal-hal yang berbau materi.

Keunikan masyarakat Dani juga terlihat pada busana yang dikenakan. Mereka selalu menjaga tradisi mereka dengan memakai koteka atau Horim, yaitu penutup alat kelamin laki-laki. Adapun Rotali, sebagai rok yang terbuat dari tali atau rumput. (tamasya/rmb)


sumber: mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar